RIZKI, FATMA (2018) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN JAMAK ANAK USIA 4-5 TAHUN (Study Fenomenalogis Kualitas Pembelajaran Tema Alam Semesta) DI TK AL IQRA’ MATARAM TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
jurnal.pdf Download (238kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengelolaan pembelajaran yang berkaitan dengan kecrdasan jamak anak usia 4-5 tahun melalui tema alam semesta yang ada di TK AL Iqra Mataram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana RPPH, Proses, Evaluasi dan Pengembangan pada tema alam semesta dapat dimunculkan dalam kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan Sembilan aspek kecerdasan jamak anak usia dini. Kecardasan jamak adalah sebuah penilain yang melihat secara deskriptif bagaimana individu menggunakan kecerdasaanya untuk memecahkan masalah dan menghasilkan sesuatu. Kemudian jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu terdiri dari metode; observasi, dokumentasi, wawancara dan catatan anekdot. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa di dalam kegiatan pembelajaran menggunakan tema alam semesta guru sudah dapat memunculkan beberapa aspek kecerdasan jamak yang di miliki oleh anak secara optimal, baik di lihat dari segi penyusunan: RPPH, proses kegiatan belajar, evaluasi, dan pengembangan pembelajaran. Dengan pengelolaan pembelajaran yang baik maka akan dapat menghasilkan pembelajaran yang berkualitas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pengelolaan Pembelajaran, Kecerdasan Jamak |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 21 Jul 2018 03:10 |
Last Modified: | 21 Jul 2018 03:10 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6409 |
Actions (login required)
View Item |