ANALISIS VISI DAN MISI TOKOH K. H. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL “SANG PENCERAH” KARYA AKMAL NASERY BASRAL DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

RAHMAH, DESIANA (2016) ANALISIS VISI DAN MISI TOKOH K. H. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL “SANG PENCERAH” KARYA AKMAL NASERY BASRAL DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
SKRIPSI DESIANA RAHMAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)

Abstract

KESIMPULAN ( ABSTRACT NOT AVAILABLE ) :Visi dan misi tokoh Ahmad Dahlan dalam novel Sang Pencerah adalah untuk melakukan suatu pembaharuan dalam cara berfikir dan beramal menurut tuntutan agama Islam. Ia ingin mengajak ummat Islam Indonesia untuk kembali hidup menurut tuntutan al - Quran dan al - Hadist, sedangkan misisnya yaitu memerangi kebodohan denga n memberikan pendidikan, memerangi kemiskinan dengan memberikan santunan kepada anak yatim dan orang - orang miskin, membuka layanan kesehatan dengan mendirikan lembaga kesehatan, serta memberi pengajaran agama yang sesuai dengan Alquran dan Hadist. Kiai Ahm ad Dahlan juga akan membuat sebuah organisasi yang lain dengan dengan mendirikannya Madrasah Ibtidaiyah Diniah dengan tujuan memajukan bumi putra serta memberikan pengetahuan dan ilmu agama yang tidak ikut - ikutan tradisi. 2. Karakter tokoh Ahmad Dahlan dalam novel tersebut adalah Ahmad Dahlan berkepribadian yang kuat dan pemberani dalam menghadapi permasalahan yang dialaminya, keras kepala, sabar, pintar, cerdas, dia juga seorang laki - lakiyang teguh dalam bersikap, penokohan dalam novel ini menggunakan teknik analitik (teknik langsung) dan teknik dramatik (teknik tidak langsung) pada pemunculan watak tokoh cerita. 3. Analisis novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral, khususnya mengenai karakter tokoh dalam penelitian ini telah sesuai dengan materi pembelajara n sastra di SMA pada Kompetensi Dasar Kelas XI semester 1 yaitu menganalisis unsur - unsur intrinsik dan ekstrinsik novel indonesia/terjemahan dengan indikator menganalisis unsur - unsur ekstrinsik dan intrinsik (alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, am anat, dan gaya bahasa) novel indonesia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 05 Sep 2017 08:14
Last Modified: 05 Sep 2017 08:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/644

Actions (login required)

View Item View Item