PERBEDAAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK ANTARA KELUARGA MAMPU DAN KURANG MAMPU DI TK TUNJUNG SARI AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

MEGARANY, DENASTY (2014) PERBEDAAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK ANTARA KELUARGA MAMPU DAN KURANG MAMPU DI TK TUNJUNG SARI AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI.docx

Download (120kB)

Abstract

Penelitian ini dimulai dari observasi dan pengamatan yang dilakukan peneliti di TK. Tunjung Sari Ampenan, dalam mengobservasi perkembangan sosial anak terdapat perbedaan pada perkembangan sosial antara anak keluarga mampu dan kurang mampu hal ini disebabkan oleh pola asuh orang tua yang berbeda-beda dalam memberikan stimulasi pada perkembangan sosial anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan perkembangan sosial anak antara keluarga mampu dan kurang mampu di TK. Tunjung Sari Ampenan tahun ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada perbedaan perkembangan sosial anak antara keluarga mampu dan kurang mampu di TK. Tunjung Sari Ampenan tahun ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Expost Facto, dengan populasi 130 anak dan sampel 40 % yang terdiri dari 26 anak keluarga mampu dan 26 anak keluarga kurang mampu. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perkembangan sosial anak antara keluarga mampu dan kurang mampu di TK. Tunjung Sari Ampenan tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil analisis Uji-t diperoleh T hitung 18,447 > T tabel 2,010, karena nilai T hitung lebih besar daripada nilai T tabel maka hipotesis berbunyi Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan perkembangan sosial anak antara keluarga mampu dan kurang mampu di TK. Tunjung Sari Ampenan Tahun Ajaran 2013/2014. Perkembangan sosial anak dapat berkembang dengan maksimal apabila anak diberikan stimulasi yang berbeda sesuai tahap perkembangannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perkembangan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2018 06:18
Last Modified: 21 Jul 2018 06:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6440

Actions (login required)

View Item View Item