IDENTIFIKASI PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SE-DESA SELEBUNG KECAMATAN KERUAK TAHUN AJARAN 2014/2015

FEBRIANTY, BAIQ ELY (2014) IDENTIFIKASI PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SE-DESA SELEBUNG KECAMATAN KERUAK TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Bab 1-5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)

Abstract

Alat Permainan Edukatif (APE) merupakakan segala sesuatu yang dirancang dan dapat digunakan sebagai sarana alat permainan yang mengandung nilai pendidikan yang dapat mengoptimalkan perkembangan anak disesuaikan dengan usia dan tingkat perkembangannya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah APE manakah yang digunakan, dominan dan efektif digunakan dalam mengembangkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di PAUD Se-Desa Selebung Kecamatan Keruak? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui APE yang digunakan, dominan dan efektif digunakan dalam mengembangkan motorik ksar anak usia 5-6 tahun di PAUD Se-Desa Selebung Kecamatan Keruak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar pada kelompok usia 5-6 tahun di lembaga PAUD/TK Se-Desa Selebung Kecamatan Keruak yang berjumlah 4 guru. Sehingga jumlah keseluruhan sampel dalam penelitian ini adalah 4 guru yang mengajar dikelompok usia 5-6 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan tehnik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa APE yang ada dalam mengembangkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun sebanyak 17 APE yaitu tangga majemuk, ayunan, papan titian, bola besar, balok, bola basket, keranjang basket, tali, hullahop, ban bekas, dvd, rebana, perosotan, tangga setengah lingkaran, bola dunia, mangkok putar dan bakiak. Ke 17 APE tersebut dominan digunakan dalam mengembangkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun dengan persentase ketampakakan sebanyak 56,66 %. Dari hasil observasi tidak ada APE yang efektif digunakan dalam mengembangkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di Puud Se-Desa Selebung Kecamatan Keruak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan APE dalam mengembangkan motorik kasar anak masih belum optimal karena penggunaan APE masih rendah dan belum terorganisir. Guru dan lembaga harus memiliki pengetahuan tentang pentingnya manfaat APE dalam mengembangkan motorik kasar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): APE, Motorik Kasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2018 06:18
Last Modified: 21 Jul 2018 06:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6443

Actions (login required)

View Item View Item