IDENTIFIKASI METODE PENGAJARAN YANG MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK/PAUD SE-KECAMATAN AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

AYUNI, QURROTA (2015) IDENTIFIKASI METODE PENGAJARAN YANG MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK/PAUD SE-KECAMATAN AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AYUNI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya metode pengajaran yang menstimulasi sosial emosional anak usia 4-5 tahun di TK Kecamatan Ampenan dikarenakan kurangnya pemahaman guru dalam menggunakan metode kegiatan yang selalu terpaku pada perkembangan kognitif anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pengajaran yang digunakan, metode pengajaran yang dominan digunakan dan metode pengajaran yang tidak digunakan dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di TK Kecamatan Ampenan tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru TK yang mengajar di kecamatan Ampenan dengan jumlah populasi sebanyak 29 guru. Penarikan sample dengan menggunakan pendekatan metode nonprobability sampling yaitu menggunakan teknik sistematis sampling, sehingga diperoleh 9 orang guru dari 9 sekolah di Kecamatan Ampenan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil data penelitian menunjukkan bahwa lima metode yang digunakan, antara lain metode tanya jawab, metode pemberian tugas, metode demonstrasi, metode bercakap-cakap,dan metode bercerita. Metode yang dominan digunakan adalah metode bercakap-cakap dengan persentase 53,3% dan metode pemberian tugas dengan persentase 77,8% yang mengembangkan kemampuan sosial emosional anak terdapat pada indikator menunjukan sikap mandiri dalam memilih kegiatan, mau berbagi dan menolong teman dan menunjukan rasa percaya diri. Metode yang tidak digunakan adalah metode karyawisata, metode proyek, metode bermain peran dan metode eksperimen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Pengajaran Sosial Emosional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2018 06:18
Last Modified: 21 Jul 2018 06:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6451

Actions (login required)

View Item View Item