MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA SAKRA TAHUN AJARAN 2014/2015

SRIANINGSIH, SRIANINGSIH (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA SAKRA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SRIANINGSIH..... FIT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Anak adalah manusia kecil yang memiliki potensi yang masih harus dikembangkan.Di antara potensi – potensi tersebut adalah perkembangan kemampuan menyimak. Adapun permasalahan yang di angkat dalam penelitian ini adalah apa metode bercerita tepat untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok A di TK Darmawanita Sakra. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode bercerita yang tepat untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok A di TK. Darmawanita Sakr. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan dalam 3 tahap proses pengembangan. Setiap pengembangan terdiri dari tapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Metode yang di gunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi. Berdasarkan hasil penelitian pada tahap I indikator belum tercapai secara keseluruhan, sehingga di peroleh presentase kemampuan menyimak anak ratarata 47%. Setelah melakukan perbaikan pada tahap II bahwa ada 3 orang anak yang mampu menyimak dengan baik, dan mampu melaksanakan sebagaian besar dari indikator yang ada dalam instrumen penelitian. Dari hasil pembelajaran ratarata anak memperoleh presentasi 71% dan dikatakan masih belum maksimal maka dilakukan proses tahap III, dimana tahap ini, hasil yang di capai anak mencapai 84% dimana semua aspek pembelajaran anak meningkat yaitu semua anak mampu menyimak. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok A di TK Darmawanita Sakra tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada pihak sekolah agar selalu memberikan motivasi dan memfasilitasi guru serta anak dalam upaya meningkatkan kemampuan menyimak melalui metode bercerita

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Menyimak, Metode Bercerita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2018 06:08
Last Modified: 21 Jul 2018 06:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6466

Actions (login required)

View Item View Item