MODEL KEGIATAN FINGER PAINTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PANCASILA 2 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2015

MULIANA, RAHMI (2015) MODEL KEGIATAN FINGER PAINTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PANCASILA 2 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RAHMI MULIANA (E1F 011 037).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan motorik halus anak yang rendah dan maskurangnya media /alat peraga yang digunakan di TK Pancasil 2 Narmada. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana model kegiatan finger painting yang tepat untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bersifat kolaboratif. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi. Dalam penelitian ini proses pembelajaran dilakukan dalam 3 tahap pengembangan, setiap tahap pengembangan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Didalam setiap pengembangan terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan. Kelebihan yang ada akan dipertahankan dan ditingkatkan, kekurangan pada tahap I akan diperbaiki pada tahap II, kekurangan pada tahap II akan diperbaiki pada tahap III untuk mencapai hasil yang optimal dan sesuai dengan indikator yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap I model kegiatan finger painting untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak mencapai 62,5%, tahap II terjadi peningkatan mencapai rata-rata 77,5% dan tahap III terlaksana dengan baik, dimana pada tahap III ini mencapai rata-rata 80%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model kegiatan finger painting untuk meningkatkan kemampuan motoric halus anak usia 4-5 tahun di TK Pancasila 2 Narmada Tahun Pelajaran 2015. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru untuk menerapkan model kegiatan finger painting yang tepat untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Finger painting, Motorik Halus
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2018 06:08
Last Modified: 21 Jul 2018 06:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6467

Actions (login required)

View Item View Item