Pengembangan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Metode Bermain Peran Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Nurul Qur’an Al-Aziziyah Montong Are Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016

KHADIJAH, SITI (2015) Pengembangan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Metode Bermain Peran Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Nurul Qur’an Al-Aziziyah Montong Are Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Finish.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perkembangan Sosial Emosional anak di RA Nurul Qur’an Al-Aziziyah Montong Are Mataram. Pembelajaran pada anak usia dini dapat dilakukan dengan berbagai cara, dan untuk pertama kalinya pembelajaran melalui metode bermain peran. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah mengembangkan kemampuan sosial emosional melalui metode bermain peran anak usia 5-6 Tahun di RA Nurul Qur’an Al-Aziziyah Montong Are Mataram. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kemampuan sosial emosional melalui metode bermain peran anak usia 5-6 Tahun di RA Nurul Qur’an Al-Aziziyah Montong Are Mataram. Untuk mencapai tujuan tersebut maka anak-anak diberi kesempatan untuk bermain sambil belajar melalui metode bermain peran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, setiap pengembangan terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi dengan target hasil capaian yaitu 80 %. Dari hasil observasi awal melalui metode bermain peran pada pengembangan tahap I perkembangan sosial emosional anak rendah, kemampuan sosial emosionalnya yaitu 60,5 %. Pada pengembangan II, anak mengalami peningkatan sangat baik, kemampuan sosial emosional anak mencapai 84,5 %. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode bermain peran dapat mengembangkan kemampuan sosial emosional anak kelompok B usia 5-6 Tahun di RA Nurul Qur’an Al-Aziziyah Montong Are Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada pihak sekolah supaya selalu memberikan motivasi dan memfasilitasi guru dan anak dalam upaya mengembangkan kemampuan sosial emosional anak melalui metode bermain peran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sosial emosional, bermain peran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2018 06:08
Last Modified: 21 Jul 2018 06:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6472

Actions (login required)

View Item View Item