ANALISIS PSIKOLOGIS TOKOH MINKE ROMAN BUMI MANUSIA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Nofyansyah, Adi (2016) ANALISIS PSIKOLOGIS TOKOH MINKE ROMAN BUMI MANUSIA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
SKRIPSI FULL ADI NOFYANSYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan pokok yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) analisis psikologi tokoh Minke Roman Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. (2) kaitan psikologi tokoh Minke dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis psikologi tokoh Minke Roman Bumi Manusia menggunakan teori hirarki kebutuhan Abraham H. Maslow dan menemukan kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah studi pustaka, teknik baca dan catat, metode analisis data digunakan metode deskriptif dan selanjutkan disajikan menggunakan metode informal yaitu metode yang menggunakan kalimat-kalimat biasa. Setelah analisis dilakukan diketahui bahwa hirarki kebutuhan tokoh Minke terpenuhi yang terdiri dari (1) kebutuhan fisiologis terpenuhi dengan adanya kebutuhan akan makanan, minuman, tempat tinggal, seks dan lain-lain; (2) kebutuhan akan rasa aman yang diperoleh dari perlindungan Nyai Ontosoroh; (3) kebutuhan akan cinta dan dimiliki diperoleh dari Annelies dan Nyai Ontosoroh dan Bundanya; (4) kebutuhan akan harga diri terpenuhi dengan adanya penghargaan terhadap diri sendiri dan orang lain; (5) kebutuhan aktualisasi diri tokoh Minke ditunjukkan dengan upaya-upaya untuk mempertahankan kebutuhan-kebutuhan yang sudah terpenuhi. Selanjutnya teori hirarki kebutuhan Abraham H. Maslow dikaitkan dengan pembelajaran sastra di SMA. Standar kompetensi yang digunakan adalah memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan. Sehingga, analisis psikologi tokoh Minke Roman Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer dapat dijadikan pilihan bahan ajar pembelajaran sastra.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Psikologi, Tokoh Minke, Roman, Pembelajaran Sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 05 Sep 2017 08:05
Last Modified: 05 Sep 2017 08:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/648

Actions (login required)

View Item View Item