NILAI PENDIDIKAN NOVEL GURU DANE KARYA SALMAN FARIS DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

SRI WAHYU PURNAMA YANTI, BAIQ (2018) NILAI PENDIDIKAN NOVEL GURU DANE KARYA SALMAN FARIS DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_BAIQ SRI WAHYU PURNAMA YANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul ―Nilai Pendidikan Novel Guru Dane karya Salman Faris dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra Di Sma‖. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu, (1) Bagaimanakah nilai-nilai pendidikan yang ada dalam novel Guru Dane karya Salman Faris?, (2) bagaimanakah relevansi nilai pendidikan novel Guru Dane karya Salman Faris dengan pembelajaran sastra di SMA?. Tujuan dari penelitian ini yaitu, (1) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam novel Guru Dane karya Salman Faris. (2) Mendeskripsikan hubungan nilai-nilai pendidikan dalam novel Guru Dane karya Salman Faris dengan pembelajaran sastra di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kepustakaan, metode observasi dan metode baca catat. Untuk menganalisis data, penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan pragmatik. Dalam analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) bentuk nilai-nilai pendidikan novel Guru Dane karya Salman Faris, yaitu: berupa nilai moral yang termasuk, pemberani, memiliki etika, menepati janji, selalu berpikir positif, tidak pendendam, saling menyayangi, berbakti kepada orang tua, tidak sombong, larangan berbuat kasar, berhati lembut, berbicara jujur dan sopan santun. Kemudian bentuk nilai sosial yaitu, tolong menolong, rela berkorban, pembebasan kemiskinan, golongan sosial, perjuangan kemanusiaan, keteguhan ideologi, krisis ekonomi masyarakat, saling menasehati, bekerja sama, meminta maaf dan peduli sesama. (2) novel Guru Dane karya Salman Faris dapat dijadikan bahan pembelajaran di SMA yang dapat dijadikan teladan. Penerapan nilai pendidikan dalam novel Guru Dane karya Salman Faris terdapat pada kompetensi dasar kelas XI semester I yaitu menganalisis unsur intrinsik danekstrinsik novel indonesia/ terjemahan dengan indikator menganalisis insur-unsur intrinsik dan ekstrinsik nonel indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai Pendidikan, Pendekatan Pragmatik, Novel, dan Pembelajaran Sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:42
Last Modified: 25 Jul 2018 06:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6492

Actions (login required)

View Item View Item