PENGARUH PENERAPAN PADUAN PEMBELAJARAN ARIAS DAN TALKING STICK TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK LAJU REAKSI SISWA KELAS XI SEMESTER I SMAN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015

ANGGRIANI, FITRIA (2018) PENGARUH PENERAPAN PADUAN PEMBELAJARAN ARIAS DAN TALKING STICK TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK LAJU REAKSI SISWA KELAS XI SEMESTER I SMAN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Firia Anggriani.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental (eksperimen semu) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan paduan pembelajaran ARIAS dan Talking Stick terhadap prestasi belajar kimia materi pokok laju reaksi siswa kelas XI semester I SMAN 7 Mataram tahun ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 7 Mataram. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik purposive sampling, dengan menggunakan nilai ujian tengah semester siswa sebagai data awal. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa paduan pembelajaran ARIAS dan Talking Stick, sedangkan pada kelas kontrol berupa pembelajaran dengan metode ceramah. Data prestasi belajar diperoleh melalui tes tertulis (post-test) yang dianalisis menggunakan uji homogenitas (uji F) dan uji beda (uji t). Hasil perhitungan menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 81,71 dengan ketuntasan 94,12% sedangkan untuk kelas kontrol 77,37 dengan ketuntasan 66,67%. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (1,87 > 1,658). Hal ini menunjukkan bahwa paduan pembelajaran ARIAS dan Talking Stick pada materi pokok laju reaksi memberikan pengaruh yang lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran ARIAS, Metode Pembelajaran Talking Stick, Prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:42
Last Modified: 25 Jul 2018 06:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6493

Actions (login required)

View Item View Item