KLASIFIKASI EMOSI TOKOH JATI DALAM NOVEL JANGAN MIRINGKAN SAJADAHMU KARYA MUHAMMAD B. ANGGORO DITINJAU DARI PSIKOANALISIS SASTRA SERTA HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

HANDAYANI, NUNUNG (2018) KLASIFIKASI EMOSI TOKOH JATI DALAM NOVEL JANGAN MIRINGKAN SAJADAHMU KARYA MUHAMMAD B. ANGGORO DITINJAU DARI PSIKOANALISIS SASTRA SERTA HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUNUNG HANDAYANI.pdf

Download (949kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah klasifikasi emosi tokoh Jati dalam novel Jangan Miringkan Sajadahmu karya Muhammad B. Anggoro ditinjau dari psikoanalisis sastra dan bagaimanakah hubungan hasil analisis klasifikasi emosi tokoh Jati dalam novel Jangan Miringkan Sajadahmu karya Muhammad B. Anggoro dengan pembelajaran sastra di SMA. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan klasifikasi emosi tokoh Jati dalam novel Jangan Miringkan Sajadahmu karya Muhammad B. Anggoro berdasarkan teori psikoanalisis sastra dan mendeskripsikan hubungan hasil analisis klasifikasi emosi tokoh Jati dalam novel Jangan Miringkan Sajadahmu dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini bersifat kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel yang berjudul Jangan Miringkan Sajadahmu karya Muhammad B. Anggoro. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, observasi dan catat dengan Teknik analisis data deskriptif kualitatif yang menggunakan pendekatan psikologi sastra. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan terhadap emosi tokoh Jati dalam novel Jangan Miringkan Sajadahmu karya Muhammad B. Anggoro, dapat disimpulkan bahwa emosi tokoh Jati dalam novel Jangan Miringkan Sajadahmu karya Muhammad B. Anggoro terjadi karena permasalahan kehidupan rumah tangganya yang hancur dengan dilontarkannya talak tiga pada Nastiti, istrinya. Setelah perceraian itu terjadi Jati mengalami penyesalan yang mendalam sehingga dia harus melihat mantan istrinya menikah dengan lelaki lain. Berbagai emosi yang Jati rasakan, seperti konsep rasa bersalah, rasa bersalah yang dipendam, menghukum diri sendiri, rasa malu, kesedihan, kebencian, dan cinta. Selain itu, hasil analisis penelitian ini berkaitan juga dengan materi pembelajaran sastra di SMA khususnya kelas XI semester I pada Standar Kompetensi (SK) : membaca 2. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan dan Kompetensi Dasar (KD) : menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Klasifikasi Emosi, Tokoh, Novel, dan Psikologi Sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:42
Last Modified: 25 Jul 2018 06:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6494

Actions (login required)

View Item View Item