PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA LINGKUNGAN SISWA KELAS II SDN 1 MIDANG TAHUN AJARAN 2014/2015

HAWATI NINGSIH, RATNA (2018) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA LINGKUNGAN SISWA KELAS II SDN 1 MIDANG TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ratna H.N PGSD 2015.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa diindikasi disebabkan oleh beberapa faktor yaitu ketidaksiapan peserta didik dalam menerima materi pelajaran, kurangnya kemampuan guru dalam memadukan pembelajaran secara tematik serta penyampaian materi yang lebih sering menggunaan media cetak berupa buku pelajaran dengan metode pembelajaran konvensional, sehingga aktivitas siswa menjadi kurang dalam menerima maupun merespon pembelajaran yang disampaikan guru. Hal ini tentunya juga berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini melibatkan 24 orang siswa kelas II sebagai subyek dengan dibantu seorang guru dan teman sejawat sebagai observer. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas II SDN 1 Midang tema lingkungan dengan menggunakan media audio visual. Langkah penelitian dilakukan minimal dalam dua siklus dan diakhiri jika terjadi peningkatan hasil belajar siswa dan ketuntasan klasikal mencapai 85%. Setiap siklus yang diteliti memiliki tahapan-tahapan antara lain: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi serta refleksi. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi untuk data aktivitas siswa dan aktivitas guru, serta tes evaluasi untuk data hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa, pada siklus I nilai rata-rata siswa untuk mata pelajaran IPA sebesar 76,3 dengan presentase ketuntasan klasikal mencapai 62,5% mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 82,2 dengan ketuntasan klasikal 87,5%. Untuk pelajaran Bahasa Indonesia pada siklus I, nilai rata-rata siswa sebesar 85,6 dengan presentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 87,5% juga mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 90,9 dengan ketuntasan klasikal sebesar 92%. Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini dinyatakan tuntas karena telah tercapainya seluruh indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu hasil belajar siswa dikatakan meningkat jika ≥ 85% siswa mendapat nilai ≥ 75.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): media audio visual, hasil belajar tematik IPA dan Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:41
Last Modified: 25 Jul 2018 06:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6496

Actions (login required)

View Item View Item