HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS 2 SANDUBAYA KECAMATAN CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

AZMI, NURUL (2018) HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS 2 SANDUBAYA KECAMATAN CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL NURUL AZMI.pdf

Download (576kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN gugus 2 Sandubaya Kecamatan Cakranegara. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN gugus 2 Sandubaya Kecamatan Cakranegara yang berjumlah 140 siswa. Sampel penelitian diambil secara acak yang berjumlah 60 orang. Metode pengambilan data menggunakan angket (Kuesioner) sebagai alat pengumpulan data variabel Keterampilan mengajar guru , sedangkan variabel Hasil belajar IPA menggunakan dokumentasi sekolah berupa hasil ulangan harian siswa. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis yaitu Product Moment. Berdasarkan hasil uji hipotesis, nilai yang diperoleh yaitu rhitung = 0,389, yaitu lebih besar dari ttabel = 0,254 dengan N=60 pada taraf signifikan 5%, yang berarti keterampilan mengajar guru memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar IPA siswa dengan kategori tingkat hubungan yang rendah. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gugus 2 Sandubaya Kecamatan Cakranegara Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keterampilan Mengajar Guru, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 23 Jul 2018 02:58
Last Modified: 23 Jul 2018 02:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6503

Actions (login required)

View Item View Item