ANALISIS PENGARUH PERBEDAAN JENIS KELAMIN DALAM PERILAKU MENGEMUDI TERHADAP KECELAKAAN DI KOTA MATARAM MENGGUNAKAN SEM (STRUCTURAL EQUATION MODELING)

FIANA, MIRALUL (2018) ANALISIS PENGARUH PERBEDAAN JENIS KELAMIN DALAM PERILAKU MENGEMUDI TERHADAP KECELAKAAN DI KOTA MATARAM MENGGUNAKAN SEM (STRUCTURAL EQUATION MODELING). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH MIRALUL FIANA (F1A013110).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Data kecelakaan di Kota Mataram menunjukkan peningkatan selama tiga tahun terakhir. Fktorutama penyebab kecelakaan adalah manusia. Manusia sebagai penyebaba utama kecelakaan tidak lepas dari perilaku mengemudi yang tidak baik. Diketahui bahwa jumlah pelaku kecelakaan di Kota Mataram didominasi oleh pengemudi laki-laki. Jenis kelamin mempengaruhi perilaku berkendara bagi pengemudi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan jenis kelamin dalam perilaku mengemudi terhadap pelanggaran lalu lintas dan kcelakaan lalu lintas. Penelitian ini menggunakan data dari hasil kuesioner yang dianalisis menggunakan metode SEM dengan bantuan program aplikasi AMOS V 22.0. Terdapat tiga variabel yang digunakan yaitu variabel perilaku dengan lima indikator yaitu X1=Emosi, X2=Kurang Konsentrasi, X3=Pengetahuan, X4=Kurang Ketermpilan, X5=Kelelahan, variabel pelanggaran dengan tiga indikator yaitu X6=Kecepatan Tinggi, X7=Melanggar Rambu Dan Marka Jalan, X8=Kelengkapan Surat-Surat Dan Atribut Berkendara, variabel kecelakaan dengan dua indikator yaitu X9=Peluang Terjadinya Kecelakaan dan X10=Kecelakaan Yang Pernah Terjadi. Hasil analisis menunjukkan bahwa perbedaan jenis kelamin berpengaruh terhadap perilaku mengemudi. Perilaku mengemudi memiiki hubungan yang signifikan dengan pelanggaran lalu lintas dengan nilai Loading Factor atau besarnya korelasi antara indikator dengan konstruk latennya. > 0.5 yaitu 0,882 untuk pengemudi laki-laki dan 0,996 untuk pengemudi perempuan. Pelanggaran lalu lintas mempunyai pengaruh 60,6% terhadap kecelakaan lalu lintas yang terjadi bagi pada pengemudi laki-laki dan 45,1% bagi pengemudi perempuan. Perilaku berkendara memiliki hubungan yang tidak langsung dengan kecelakaan lalu lintas dimana pelanggaran sebagai penghubung antara keduanya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Jenis kelamin, perilaku berkendara, pengemudi, pelanggaran lalu lintas, kecelakaan lalu lintas, SEM, AMOS.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 23 Jul 2018 02:58
Last Modified: 23 Jul 2018 02:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6506

Actions (login required)

View Item View Item