ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA KARANGAN SISWA KELAS IX DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS DI SMP NEGERI 19 MATARAM

SUKANDAR, LALU MUHAMMAD (2016) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA KARANGAN SISWA KELAS IX DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS DI SMP NEGERI 19 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
SKRIPSI LALU MUH. SUKANDAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk-bentuk kesalahan berbahasa pada karangan siswa kelas IX dan implikasi analisis kesalahan berbahasa dengan pembelajaran menulis di SMP Negeri 19 Mataram? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan berbahasa pada karangan siswa kelas IX, serta implikasinya terhadap pembelajaran menulis di SMP Negeri 19 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak dengan teknik catat, metode dokumentasi, dan metode observasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode padan intralingual. Dalam metode penyajian data digunakan metode formal dan informal. Hasil analisis ditemukan bahwa dalam karangan siswa terdapat kesalahan ejaan yang meliputi kesalahan penulisan huruf kapital dan huruf miring, kesalahan penulisan kata yang meliputi imbuhan dan kata depan di, kata depan ke, kesalahan penulisan partikel–pun, kesalahan penulisan kata ganti, kesalahan penulisan angka dan bilangan, kesalahan penggunaan tanda titik (.), tanda koma (,), tanda tanya (?), tanda hubung (-), tanda petik (“…”), dan kesalahan penggunaan tanda apostrof (‘). Kesalahan dalam bentuk pilihan kata atau diksi, serta kesalahan dalam bentuk struktur kalimat yang meliputi kesalahan penyusunan kalimat efektif. Selain itu, implikasi hasil penelitian ini dengan pembelajaran bahasa di SMP sangat fungsional. Hal ini dapat dijadikan sebagai masukan, acuan, dan media pembelajaran bagi guru di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Karangan, kesalahan berbahasa, implikasi pembelajaran bahasa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 05 Sep 2017 08:05
Last Modified: 05 Sep 2017 08:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/652

Actions (login required)

View Item View Item