BERMAIN AIR DALAM PENGEMBANGAN KONSEP SAINS PADA ANAK KELOMPOK B2 (USIA 5-6 TAHUN) DI PAUD TERPADU BUAH HATI INSANI MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016

E R N A W A T I, E R N A W A T I (2015) BERMAIN AIR DALAM PENGEMBANGAN KONSEP SAINS PADA ANAK KELOMPOK B2 (USIA 5-6 TAHUN) DI PAUD TERPADU BUAH HATI INSANI MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BERMAIN AIR DALAM PENGEMBANGAN KONSEP SAINS PADA -ERNAWATI E1F011015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Kemampuan sains anak kelompok B2 di PAUD Terpadu Buah Hati Insani masih rendah dikarenakan pengenalan tentang sains hanya berupa penjelasan dari guru, konsep sains yang diajarkan pada anak masih bersifat abstrak dan sulit dipahami karena anak tidak melakukannya secara langsung yang mengakibatkan anak lebih banyak mendengar tanpa melibatkan anak melakukan kegiatan yang membutuhkan proses atau melalui kegiatan main. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana bermain air dapat mengembangkan konsep sains pada anak kelompok B2 di PAUD Terpadu Buah Hati Insani Kota Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian terdiri dari 8 anak yang terdiri dari 3 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif berupa data deskripsi. Hasil penelitian yang terdiri dari pencatatan data, reduksi, display, verifikasi, dan kesimpulan. Dari penjabaran deskripsi yang ditemukan peneliti, Bermain air dapat mengembangkan konsep sains di PAUD Terpadu Buah Hati Insani. Peningkatan ini ditandai dengan meningkatnya kemampuan sains anak pada setiap indikator perkembangan sains setelah dilakukan bermain air. 5 anak mengalami peningkatan sains yang sangat tinggi, 2 anak mengalami peningkatan sains yang tinggi, terlihat dari tercapainya indikator-indikator sains yang dikembangkan, 1 anak cukup berkembang dan masih perlu bimbingan dari guru, Namun secara keseluruhan, perkembangan sains berkembang dengan baik melalui bermain air. Jadi, pengembangan konsep sains melalui bermain air pada anak kelompok B2 di PAUD Terpadu Buah Hati Insani berdampak postif terhadap perkembangan kemampuan sains anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bermain Air, Konsep Sains.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:39
Last Modified: 25 Jul 2018 06:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6566

Actions (login required)

View Item View Item