DESKRIPSI PERKEMBANGAN EMOSIONAL DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA ANAK USIA 5-6 TAHUN Program Sarjana (S1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

MAWARNI, IRA (2015) DESKRIPSI PERKEMBANGAN EMOSIONAL DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA ANAK USIA 5-6 TAHUN Program Sarjana (S1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
DESKRIPSI PERKEMBANGAN EMOSIONAL DITINJAU DARI POLA ASUH ORTU-IRA MAWARNI E1F011019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi perkembangan emosional sangat penting dimiliki oleh setiap anak. Seringkali dalam mendidik anak orang tua hanya mementingkan salah satu aspek perkembangan, seperti mendidik anak secara kognitif saja. Emosi anak sangat berpengaruh pada baik tidaknya perilaku anak dalam kehidupannya dan tentunya hal ini tidak lepas dari pengaruh dan peran orang tua. Melalui pengasuhan yang baik dari orang tua, anak dapat memenuhi kebutuhan dasarnya baik fisik-biologis maupun sosio-psikologisnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan emosional anak usia 5-6 tahun, pola asuh yang diterapkan orang tua, pola asuh orang tua berasosiasi terhadap perkembangan emosional anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan ex post facto. Subyek penelitian berjumlah 6 anak dan orang tua dengan pola asuh otoriter, demokratis dan permissif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan 2 anak memiliki perkembangan emosional yang berkembang dengan baik dimana anak sudah dapat mengekspresikan emosi sesuai dengan situasi yang ada, mengenal perasaan diri sendiri dan merespon secara wajar, memiliki sikap empati, menunjukkan sikap toleran dan memiliki sikap yang gigih sedangkan 4 anak memiliki perkembangan emosional yang kurang berkembang dimana anak belum mampu menunjukkan sikap empati, menunjukkan sikap toleran, dan kurang memiliki sikap gigih. Pola asuh otoriter diterapkan oleh 2 orang tua, pola asuh demokratis diterapkan oleh 2 orang tua dan pola asuh permissif diterapkan oleh 2 orang tua. Berdasarkan analisis data pola asuh demokratis berasosiasi positif terhadap perkembangan emosional anak, sedangkan pola asuh otoriter dan permissif berasosiasi negatif terhadap perkembangan emosional anak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua berasosiasi terhadap perkembangan emosional anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pola asuh, Emosional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:39
Last Modified: 25 Jul 2018 06:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6567

Actions (login required)

View Item View Item