IDENTIFIKASI PEMANFAATAN APE DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD KECAMATAN SANDUBAYA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

ZAENAB, SITI (2015) IDENTIFIKASI PEMANFAATAN APE DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD KECAMATAN SANDUBAYA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
IDENTIFIKASI PEMANFAATAN APE DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TH-SITI ZAENAB E1F112093-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Alat permainan edukatif (APE) adalah alat permainan yang digunakan dalam proses pembelajaran serta mengandung nilai edukatif yang merangsang aspek-aspek perkembangan anak. Perkembangan kognitif adalah aspek perkembangan yang berhubungan dengan kemampuan berpikir anak untuk mengolah pengetahuan yang diperoleh dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari sebagai proses dari mengetahui dan memahami informasi yang sudah didapat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah APE apa saja yang digunakan , yang dominan dan yang efektif digunakan dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Kecamatan Sandubaya tahun pelajaran 2014-2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui APE apa yang sudah digunakan, dan dominan digunakan dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Kecamatan Sandubaya tahun pelajaran 2014-2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PAUD usia 5-6 tahun yang ada di Kecamatan Sandubaya tahun pelajaran 2014-2015 yang berjumlah 37 orang guru. Wilayah dan lingkup penelitian adalah guru PAUD kelas B Kecamatan Sandubaya. Sedangkan penarikan sampel menggunakan tehnik sistematis sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 11 PAUD yang terdiri dari 19 orang guru yang ada di PAUD Kecamatan Sandubaya. Metode yang digunakan metode observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian terhadap pemanfaatan APE dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Kecamatan Sandubaya tahun pelajaran 2014-2015 ini menunjukkan bahwa APE yang digunakan sebanyak 13 APE dari 24 APE dengan persentase 54,16 % dan APE yang dominan digunakan dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Kecamatan Sandubaya tahun pelajaran 2014-2015 sebanyak 4 APE yaitu puzzle, lego, balok warna dan plastisin dengan persentase 16,6 %, sedangkan APE yang efektif digunakan sebanyak 7 APE yaitu balok warna, finger fainting, puzzle, lego, kartu lambang bilangan, meronce dan plasitisin dengan persentase 29,16 % yang termasuk kedalam 10 item indikator. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan/penggunaan APE oleh guru dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun masih belum optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): APE , Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:39
Last Modified: 25 Jul 2018 06:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6570

Actions (login required)

View Item View Item