MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK ANAK USIA 5-6 DI RA MUSLIMAT NW MATARAMTAHUN AJARAN 2015/2016

ELMI, SITI NURUL (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK ANAK USIA 5-6 DI RA MUSLIMAT NW MATARAMTAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG MELALUI PERMAINAN -SITI NURUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membilang pada anak kurang menggunakan media sehingga kemampuan membilang anak usia 5-6 tahun masih rendah. Media pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan membilang pada anak usia 5-6 tahun kurang menyenangkan dan hanya menggunakan majalah dan media seadanya. Sehingga menyebabkan anak merasa jenuh dan bosan serta kurang tertarik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membilang menggunakan permainan tradisional congklak anak usia 5-6 tahun di RA Muslimat NW Mataram. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 anak yang terdiri dari 17 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan tehnik analisis yaitu mereduksi data, menyajikan data kemudian menarik kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil observasi siswa pada pembelajaran menggunakan media congklak yang mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 58,17%, siklus II 68,17% dan rata-rata presentase pada siklus III yaitu 76,60%, dengan peningkatan 10% yang menunjukkan adanya peningkatan yang terjadi pada siklus I ke siklus II dan 8,43% menunjukkan adanya peningkatan dari siklus II ke siklus III. Sedangkan nilai akhir hasil observasi guru pada pembelajaran menggunakan media congklak yang mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 63% dengan kategori cukup baik ke siklus II yaitu 78% dan pada siklus III rata-rata presentase yaitu 88% dengan peningkatan yang dialami dari siklus I ke siklus II 15% dan peningkatan siklus II dan III 10%.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan terjadi melalui permainan traisional congklak untuk meningkatkan kemampuan membilang pada anak usia 5-6 tahun di RA Muslimat NW Mataram tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Membilang, Congklak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:38
Last Modified: 25 Jul 2018 06:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6572

Actions (login required)

View Item View Item