MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS MELALUI KOLASE BAHAN BEKAS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-KHAIR MASBAGIK TAHUN PELAJARAN 2015/2016

MINIARSI, BQ AGUSTINA (2015) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS MELALUI KOLASE BAHAN BEKAS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-KHAIR MASBAGIK TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEMBENTUK PLAY GROUP - SRI RAHAYU NIM. E1F112097.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan di atas, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Pelaksanaan proses pembelajaran melalui kegiatan kolase bahan-bahan bekas sesuai dengan langkah-langkah atau prosedur yang telah dibuat dari siklus I-III sudah berjalan dengan baik. Langkah-langkah atau prosedur tersebut meliputi tahap perencanaan terdiri dari menyiapkan rancangan pembelajaran atau RKH, menyiapkan media pembelajaran, serta menyiapkan lembar observasi pengamatan. Tahap pelaksanaan yaitu melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas sesuai dengan RKH yang telah dibuat. Tahap observasi terdiri dari pengamatan aktivitas-aktivitas siswa dan guru kemudian mencatat hasil pengamatan pada lembar observasi. Tahap analisis dan refleksi yaitu menganalisis hasil observasi dan evaluasi. 2. Hasil perkembangan motorik halus pada akhir pembelajaran siklus III telah berkembang dengan baik, seperti kemampuan menggunting sesuai dengan pola, meniru bentuk, menjumput dengan koordinasi antara mata dan tangan, serta menempel gambar dengan tepat. 3. Nilai rata-rata hasil observasi siswa dalam kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 43% ke siklus II sebesar 100 63% terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 20%. Dan terjadi peningkatan dari siklus II ke siklus III sebesar 18% dengan rata-rata nilai 81%. Dengan demikian peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus III sebesar 38%. 4. Persentase akhir hasil observasi guru dalam kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 67% dengan kategori baik ke siklus II sebesar 81% dengan kategori baik dan terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 14%. Terjadi peningkatan dari siklus II ke siklus III sebesar 11% dengan rata-rata nilai 92%. Peninngkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus III sebesar 25%. Dengan demikian perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun dapat ditingkatkan melalui kegiatan kolase bahan-bahan bekas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tahap pelaksanaan yaitu melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas sesuai dengan RKH yang telah dibuat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jul 2018 06:30
Last Modified: 23 Jul 2018 06:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6574

Actions (login required)

View Item View Item