PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA DADU UNTUK MENINGKATKAN KONSEP BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK PUTRA 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016

APRIYANTI, EKA NUR (2015) PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA DADU UNTUK MENINGKATKAN KONSEP BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK PUTRA 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA DADU UNTUK MENINGKATKAN -EKA NUR A E1F01013.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media dadu untuk meningktakan konsep bilangan anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Putra 1 Mataram dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut. (1) Kegiatan Awal: Guru memperkenalkan media dadu dan media pendukung, guru menjelaskan langkah-langkah pembelajaran dan cara menggunakan media dadu dengan memberikan contoh kepada anak, guru membagi kelompok anak menjadi dua kelompok dan mengatur giliran main anak sesuai urutan barisan. (2) Kegiatan Inti: Guru memberikan dadu kepada anak secara bergiliran sesuai urutan barisan dengan berhitung, guru mempersilahkan anak melempar dadu dan menyebutkan angka dan menghitung banyak bilangan yang muncul pada dadu tersebut, guru mempersilahkan anak mengambil benda sesuai bilangan dan angka sesuai lambang bilangan yang muncul pada dadu, guru mempersilahkan anak untuk menghubungkan bilangan dan lambang bilangan yang muncul pada dadu, guru bertanya kepada anak tentang bilangan dan lambang bilangan tersebut apakah sesuai bilangan pada dadu. Setelah semua anak berhasil melempar dadu secara bergiliran kemudian guru melakukan tanya jawab satu persatu dengan menambah dan mengurangi bilangan secara acak serta mengubah posisi bilangan menggunakan media 106 107 pendukung dadu untuk mengetahui kemampuan anak. (3) Kegiatan Akhir: Guru bersama anak membilang satu persatu kemudian secara bersama-sama, guru melakukan tanya jawab tentang kegiatan bermain menggunakan media dadu. Pembelajaran menggunakan media dadu dapat meningkatkan konsep bilangan anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Putra 1 Mataram, hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil observasi siswa pada pembelajaran menggunakan media dadu yang mengalami peningkatan dari siklus I 67,49 ke siklus II 75,70 dengan peningkatan sebesar 8,21% sedangkan pada siklus III terjadi peningkatan 7,92% dengan nilai rata-rata 83,62. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal yang mengalami peningkatan dari siklus I 66,66% ke siklus II 75% dan pada siklus III ketuntasan klasikal menjadi 83,33% yang telah melebihi target ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 80%, Sedangkan nilai akhir hasil observasi guru pada pembelajaran menggunakan media dadu yang mengalami peningkatan 6% dari siklus I 71% dengan kategori baik ke siklus II yaitu 77% dengan kategori baik, Dan pada siklus III terjadi peningkatan 9,5% nilai rata-rata yaitu 86,5% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pembelajaran menggunakan media dadu yang mengalami peningkatan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jul 2018 06:26
Last Modified: 23 Jul 2018 06:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6577

Actions (login required)

View Item View Item