PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI PERCOBAAN SEDERHANA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD LA TANSA KAMASAN MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016

KURNIA, MANIKA (2015) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI PERCOBAAN SEDERHANA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD LA TANSA KAMASAN MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI PERCOBAAN -MANIKA KURNIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan sains anak masih rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan benda-benda sekitar untuk dijadikan bahan percobaan yang sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan kemampuan sains melalui percobaan sederhana pada anak usia 5-6 tahun di PAUD La Tansa Kamasan Mataram tahun ajaran 2015/2016? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan sains anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif deskriptif yang bersifat kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 24 anak. Penelitian ini dilakukan melalui 3 siklus yaitu siklus I, II, dan III dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan wawancara serta teknik analisis datanya melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian pada siklus I mencapai hasil 28,5% dengan kategori kurang baik. Setelah melakukan perbaikan-perbaikan pada siklus II perkembangan kemampuan sains anak mengalami peningkatan sehingga mencapai persentase 55% dengan kategori cukup baik. Siklus III kemampuan sains anak mencapai 71,5% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa anak sudah mampu mengamati posisi benda, menjelaskan posisi benda, mengklasifikasikan benda, menafsirkan penyebab dari kejadian suatu benda, memprediksi apa yang akan terjadi jika sebuah benda dimasukkan ke dalam air, serta dapat mengajukan pertanyaan mengapa benda tersebut dapat tenggelam, terapung, dan melayang. Jadi percobaan sederhana dapat mengembangkan kemampuan sains anak usia 5-6 tahun di PAUD La Tansa Kamasan Mataram tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Sains, Percobaan Sederhana
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jul 2018 06:26
Last Modified: 23 Jul 2018 06:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6584

Actions (login required)

View Item View Item