PERBEDAAN PERKEMBANGAN KOGNITIF DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA MUSLIMAT NW MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016 SKRIPSI

F I T R I A T I, A R I F A H (2015) PERBEDAAN PERKEMBANGAN KOGNITIF DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA MUSLIMAT NW MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016 SKRIPSI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PERBEDAAN PERKEMBANGAN KOGNITIF DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA-ARIFAH FITRIATI E1F011003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dimulai dari observasi dan pengamatan yang dilakukan peneliti di RA Muslimat NW Mataram. Dalam mengobservasi perkembangan kognitif anak terdapat perbedaan perkembangan kognitif dari setiap anak. Hal ini dikarenakan oleh pola asuh yang diterapkan orang tua. Ada beragam pola asuh yang diterapkan oleh orang tua di RA Muslimat NW Mataram dalam mendidik anak-anaknya seperti pola asuh demokratis dan otoriter. Perkembangan kognitif anak yang menerapkan pola asuh demokratis cenderung lebih baik daripada pola asuh otoriter. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah ada perbedaan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun antara anak yang diasuh menggunakan pola asuh demokratis dan pola asuh otoriter di RA Muslimat NW Mataram tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini: untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun antara anak yang diasuh menggunakan pola asuh demokratis dan pola asuh otoriter di RA Muslimat NW Mataram tahun ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 117 anak dan teknik pengambilan sampel yang digunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel 54 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: angket dan observasi. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan pedoman observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t polled varians. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai t hitung 3,1946 dan t tabel untuk uji uji pihak kanan 1,671, dengan signifikansi 5 % (0,05) t hitung > t tabel atau 3,1946 > 1,671, maka H0 ditolak dan Ha diterima berarti ada perbedaan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun antara anak yang diasuh menggunakan pola asuh demokratis dan pola asuh otoriter, perkembangan kognitif kelompok anak yang diasuh menggunakan pola asuh demokratis lebih tinggi daripada pola asuh otoriter di RA Muslimat NW Mataram tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kognitif, Pola Asuh
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jul 2018 06:25
Last Modified: 23 Jul 2018 06:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6590

Actions (login required)

View Item View Item