IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD SE-KECAMATAN SEKARBELA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

JUNAIDI, MUHAMMAD (2016) IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD SE-KECAMATAN SEKARBELA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
MUHAMMAD JUNAIDI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Anak adalah anugerah dari Allah SWT yang dibekali dengan berbagai karakteristik dan potensi sejak dalam kandungan sampai akhir hayatnya. Perkembangan bahasa merupakan proses peningkatan kemampuan berbahasa dalam hal menyampaikan pikiran dan perasaan kepada orang lain yang bisa digunakan sebagai sarana komunikasi. Bentuk dari perkembangan bahasa meliputi perkembangan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah indikator perkembangan bahasa manakah yang belum berkembang, sedang berkembang dan dominan berkembang pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Se-Kecamatan Sekarbela tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui indikator perkembangan bahasa yang belum berkembang, sedang berkembang dan dominan berkembang pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Se-Kecamatan Sekarbela Tahun pelajaran 2015/2016. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik Stratified Proportional Random Sampling, dengan jumlah sampel 52 orang anak. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di PAUD Kecamatan Sekarbela yang belum berkembang yaitu indikator memahami cerita yang dibacakan dan indikator mengutarakan pendapat kepada orang lain dengan prosentase 46,1 %. Indikator yang sedang berkembang yaitu indikator menyimak perkataan orang, memiliki perbendaharaan kata sifat, mengulang kalimat sederhana, menjawab pertanyaan sederhana, mengenal simbol-simbol, membuat coretan yang bermakna dan meniru huruf dengan prosentase 64,3%. Indikator yang dominan berkembang yaitu indikator mengerti dua perintah yang diberikan bersamaan dengan prosentase 83,7%. Disarankan kepada Pendidik dan Lembaga PAUD, agar lebih memperhatikan pengadaan sarana dan prasarana dalam mendukung proses belajar mengajar di PAUD, serta lebih banyak mengadakan pelatihan-pelatihan untuk pendidik PAUD mengenai metode pembelajaran yang diterapkan agar dalam proses pembelajaran untuk anak lebih bervariasi dan tidak monoton. Anak adalah anugerah dari Allah SWT yang dibekali dengan berbagai karakteristik dan potensi sejak dalam kandungan sampai akhir hayatnya. Perkembangan bahasa merupakan proses peningkatan kemampuan berbahasa dalam hal menyampaikan pikiran dan perasaan kepada orang lain yang bisa digunakan sebagai sarana komunikasi. Bentuk dari perkembangan bahasa meliputi perkembangan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah indikator perkembangan bahasa manakah yang belum berkembang, sedang berkembang dan dominan berkembang pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Se-Kecamatan Sekarbela tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui indikator perkembangan bahasa yang belum berkembang, sedang berkembang dan dominan berkembang pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Se-Kecamatan Sekarbela Tahun pelajaran 2015/2016. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik Stratified Proportional Random Sampling, dengan jumlah sampel 52 orang anak. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di PAUD Kecamatan Sekarbela yang belum berkembang yaitu indikator memahami cerita yang dibacakan dan indikator mengutarakan pendapat kepada orang lain dengan prosentase 46,1 %. Indikator yang sedang berkembang yaitu indikator menyimak perkataan orang, memiliki perbendaharaan kata sifat, mengulang kalimat sederhana, menjawab pertanyaan sederhana, mengenal simbol-simbol, membuat coretan yang bermakna dan meniru huruf dengan prosentase 64,3%. Indikator yang dominan berkembang yaitu indikator mengerti dua perintah yang diberikan bersamaan dengan prosentase 83,7%. Disarankan kepada Pendidik dan Lembaga PAUD, agar lebih memperhatikan pengadaan sarana dan prasarana dalam mendukung proses belajar mengajar di PAUD, serta lebih banyak mengadakan pelatihan-pelatihan untuk pendidik PAUD mengenai metode pembelajaran yang diterapkan agar dalam proses pembelajaran untuk anak lebih bervariasi dan tidak monoton.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perkembangan Bahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jul 2018 07:13
Last Modified: 23 Jul 2018 07:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6593

Actions (login required)

View Item View Item