IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK SE-KECAMATAN JONGGAT TAHUN AJARAN 2014/2015 SKRIPSI

AGUSTINA, AGUSTINA (2016) IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK SE-KECAMATAN JONGGAT TAHUN AJARAN 2014/2015 SKRIPSI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh belum maksimalnya peran guru dalam menstimulus perkembangan nilai agama dan moral anak usia 4-5 tahun di TK se-Kecamatan Jonggat dikarenakan kurangnya factor pembentukan dari lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga serta kurangnya pemberian contoh atau pengajaran kepada anak dalam segi keagamaan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah indicator apa yang belum berkembang, indikator yang berkembang dan indikator yang dominan berkembang pada perkembangan nilai agama dan moral Anak Usia 4-5 Tahun di TK Kecamatan Jonggat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui indikator yang belum berkembang, indikator yang berkembang dan indikator yang dominan berkembang pada perkembangan nilai agama dan moral Anak Usia 4-5 Tahun di TK se-Kecamatan Jonggat Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa TK yang berusia 4-5 tahun yang terdapat di Kecamatan Jonggat dengan jumlah populasi sebanyak 192 orang anak dengan teknik pengambilan sampel Stratified Random Sampling yang dilakukan secara acak berjumlah 68 orang anak yang mewakili 6 lembaga yang ada di Kecamatan Jonggat Tahun Ajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan indikator yang belum berkembang adalah indicator berdo’a sebelum melakukan kegiatan, indikator yang berkembang adalah indicator mengenal Tuhan melalui agama yang dianut, meniru gerakan beribadah, berdo’a setelah melakukan kegiatan, mengenal perilaku baik/sopan dalam berbicara, mengenal perilaku baik/sopan dalam bertingkah laku dan indicator mulai berperilaku saling hormat menghormati, sedangkan indikator yang dominan berkembang adalah mengucapkan salam dan membalas salam. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa perkembangan nilai agama dan moral anak usia 4-5 tahun lebih banyak indikator yang berkembang dibanding dengan indikator yang belum berkembang dan dominan berkembang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perkembangan Nilai Agama dan Moral
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jul 2018 07:13
Last Modified: 23 Jul 2018 07:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6595

Actions (login required)

View Item View Item