INTERAKSI POLA ASUH ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI LINGKUNGAN KELUARGA DI DESA GELOGOR TAHUN 2015

JUNIATI, MEGARIA (2016) INTERAKSI POLA ASUH ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI LINGKUNGAN KELUARGA DI DESA GELOGOR TAHUN 2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
MEGARIA JUNIATI (E1F 011 027).docx
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi pola asuh orang tua dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di lingkungan keluarga di Desa Gelogor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan ex post facto, sasaran objek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yang berjumlah tiga orang anak ditinjau dari perkembangan sosial emosionalnya yang terlihat berbeda ketika berada di rumah dan ketika berada di sekolah. Data interaksi pola asuh orangtua dikumpulkan melalui teknik wawancara, sedangkan data sosial emosional anak dikumpulkan melalui teknik observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dari hasil wawancara terhadap orang tua subjek bahwa interaksi pola asuh orangtua dari ke tiga subjek tersebut adalah interaksi pola asuh otoriter dan permisif. Orangtua tak hanya menerapkan satu jenis pola asuh saja melainkan lebih dari satu jenis pola asuh. Sedangkan sosial emosional dari ketiga subjek tersebut didapatkan bahwa satu diantara ketiga subjek tersebut perkembangan sosial emosionalnya masih dalam kategori kurang baik dan dari kedua subjek didapatkan bahwa perkembangan sosial emosionalnya dikategorikan baik. Dari hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perkembangan sosial emosional anak tidak hanya dipengaruhi oleh interaksi pola asuh orangtua saja melainkan terdapat faktor-faktor lain juga yang dapat mempengaruhi, akan tetapi tidak berarti interaksi pola asuh orangtua tidak penting dalam perkembangan sosial emosional anak. Jadi orangtua harus tetap memperhatikan setiap perkembangan anak, meskipun sesibuk apapun orangtua harus tetap menyempatkan waktunya untuk berinteraksi dengan anak-anaknya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pola Asuh, Sosial Emosional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jul 2018 07:12
Last Modified: 23 Jul 2018 07:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6596

Actions (login required)

View Item View Item