PENERAPAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK A DI PAUD CAHAYA HATI PAOK DANDAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ROHMANIAH, ROHMANIAH (2016) PENERAPAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK A DI PAUD CAHAYA HATI PAOK DANDAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada PAUD Cahaya Hati adalah rendahnya kemampuan anak dalam hal berbicara, terutama kemampuan mengeluarkan pendapat masih sangat kurang. Pengamatan lainnya ialah kurangnya kreatifitas guru dalam memanfaatkan dan mengembangkan metode dan alat peraga. Observasi awal yang dilakukan peneliti menunjukkan hasil dari keseluruhan anak didik yang berada di kelas A (usia 4-5 tahun) kurang dari 50% yang memiliki kemampuan berbicara sesuai harapan. Berdasarkan hal tersebut untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak sehingga diperlukan sebuah alternatif yaitu salah satunya melalui penerapan metode bercerita menggunakan boneka tangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode bercerita menggunakan boneka tangan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan perkembangan kemampuan berbicara anak kelompok A di PAUD Cahaya Hati Paok Dandak tahun pelajaran 2016/2017 setelah menerapkan metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui penerapan metode bercerita menggunakan boneka tangan yang tepat sehingga dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan untuk mengetahui perkembangan kemampuan berbicara anak kelompok A di PAUD Cahaya Hati tahun pelajaran 2016/2017 setelah diterapkan metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dimana subjek penelitian adalah anak kelompok A di PAUD Cahaya Hati yang berjumlah 25 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi dengan tehnik analisi data digunakan adalah tehnik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengembangan tahap I sebesar 48% menjadi 68% pada tahap II dan meningkat menjadi 88,31% pada tahap III. Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan metode bercerita menggunakan boneka tangan yang dilakukan secara tepat dan berulang-ulang dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A di PAUD Cahaya Hati Paok Dandak Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): bercerita menggunakan boneka tangan yang dilakukan secara tepat dan berulang-ulang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jul 2018 07:08
Last Modified: 23 Jul 2018 07:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6601

Actions (login required)

View Item View Item