PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION ) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN di TK ISLAM BINA INSAN KAMIL LOMBOK TIMUR TAHUN AJARAN 2016/2017

ANZANI, NOVA MIRA (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION ) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN di TK ISLAM BINA INSAN KAMIL LOMBOK TIMUR TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Di TK Islam Bina Insan Kamil masih terdapat peserta didik yang kemampuan sosialnya rendah, disebabkan karena menggunakan model pembelajaran yang kurang menstimulasi kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun. Penelitian dilaksanakan untuk tujuan mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Islam Bina Insan Kamil. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan penelitian dilaksanakan selama 1 bulan. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 5 orang anak usia 5-6 tahun yang terdiri dari 2 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu kualitatif berupa data deskriptif. Hasil penelitian yang terdiri dari pencatatan data, reduksi, display, verifikasi dan kesimpulan. Dari penjabaran deskripsi yang ditemukan peneliti, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Islam Bina Insan Kamil. Peningkatan ini ditandai dengan perlakuan-perlakuan yang telah diberikan sebanyak lima kali dengan memperhatikan kekurangan-kekurangan pada perlakuan. Penerapan ini dimulai dengan langkah-langkah penerapannya yaitu : pertama, tujuan pembelajaran. Kedua, analisis siswa. Ketiga, materi/kegiatan bermain. Keempat, tujuan kegiatan bermain. Kelima, media atau sumber belajar. Keenam, penilaian awal siswa. Dan ketujuh, evaluasi. Kemudian dikelompokkan menjadi kelompok kecil 4-5 anggota secara heterogen (beragam). Pada perlakuan pertama dan kedua terlihat 5 subyek masih belum berkembang/kurang baik, untuk itu ada tindak lanjut dengan memberikan perlakuan selanjutnya. Pada perlakuan ketiga 5 subyek cukup baik pada kemampuan sosialnya maka diberikan tindak lanjut dengan memberikan perlakuan. Pada perlakuan keempat ada 3 anak yang masih cukup baik sedangkan kemampuan sosial anak dapat dikatakan meningkat jika penilaian baik, sehingga ada tindak lanjut dengan memberikan perlakuan lagi. Pada perlakuan kelima, semua anak sudah berkembang baik sehingga tidak ada perlakuan lagi. Jadi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berdampak positif terhadap kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Sosial, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jul 2018 07:04
Last Modified: 23 Jul 2018 07:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6603

Actions (login required)

View Item View Item