HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR SISWA SD KELAS V SE-KOTA MATARAM

Sriyansyah, Duwi Bagus (2018) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR SISWA SD KELAS V SE-KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal Skripsi.pdf

Download (643kB) | Preview

Abstract

Abstract. Studi sebelumnya telah mengungkapkan bahwa pengajaran keterampilan proses sains dapat mempengaruhi kemampuan berpikir logis. Namun, masih sedikit penelitian yang terkait hubungan antara kemampuan berpikir logis dengan keterampilan proses sains pada Sekolah dasar. Di sini, studi korelasional dilakukan untuk menguji sampai sejauh mana kemampuan berpikir logis dan keterampilan proses sains dasar siswa Sekolah dasar dan menentukan hubungan antara kedua variabel tersebut. Tes Berpikir Logis (BL) dan Tes Keterampilan Proses Sains Dasar (KPSD) diberikan kepada 227 siswa kelas lima Sekolah dasar di Mataram, yang ditentukan dengan menggunakan teknik stratified cluster random sampling. Korelasi antara variabel dianalisis dengan menggunakan Spearman Rank karena data tidak terdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan korelasi yang lemah, tetapi signifikan antara kedua variabel sebesar (r = 0,124). Hanya 7% siswa masuk dalam tahap penalaran operasional formal, 59% operasional konkrit, dan 34% tahap transisi. Adapun dalam keterampilan proses sains dasar, siswa menunjukkan kinerja terendah dalam keterampilan memprediksi dan kinerja tertinggi dalam keterampilan mengklasifikasi. Studi ini memberikan informasi yang berguna untuk mengembangkan metode pembelajaran yang tepat mengatasi masalah pedagogis dalam mengajar siswa berpikir logis dan menggunakan keterampilan proses

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): sains di Sekolah dasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:34
Last Modified: 25 Jul 2018 06:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6622

Actions (login required)

View Item View Item