PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI STOIKIOMETRI SISWA KELAS X MIPA SMAN 2 MATARAM

MENOH, HANA LIA YEDIDA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI STOIKIOMETRI SISWA KELAS X MIPA SMAN 2 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap hasil belajar kimia pada materi stoikiometri siswa kelas X MIPA SMAN 2 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dalam bentuk post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 2 Mataram. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu dengan metode random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 8 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu metode ceramah dan tanya jawab. Hasil belajar kimia siswa difokuskan pada materi stoikiometri dalam ranah kognitif pada aspek C3 (Penerapan). Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji statistik pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung (3,918) > ttabel (1,667). Nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 77,8 dengan ketuntasan klasikal sebesar 52,7% lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 66,7 dengan ketuntasan klasikal 25%. Berdasarkan hasil uji statistik, nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal kedua kelas sampel menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar kimia pada materi stoikiometri siswa kelas X MIPA SMAN 2 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE), materi stoikiometri dan hasil belajar.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:34
Last Modified: 25 Jul 2018 06:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6623

Actions (login required)

View Item View Item