POSTKOLONIALISME DALAM NOVEL RUMAH KACA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

SUMIATI, SUMIATI (2017) POSTKOLONIALISME DALAM NOVEL RUMAH KACA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL sumiati.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah postkolonialisme dalam novel Rumah Kaca karya Pramoedya Ananta Toer dan kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan novel Rumah Kaca karya Pramoedya Ananta Toer dari perspektif postkolonialisme dan kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMA. Data dikumpulkan menggunakan teknik catat dan studi kepustakaan, selanjutnya data dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) gambaran kolonialisme yang terjadi dalam novel Rumah Kaca karya Pramoedya ananta Toer dan memiliki dampak atau efek bagi rakyat Pribumi yaitu (a) efek secara fisik adalah bentuk penjajahan yang langsung berakibat pada fisik atau kerugian- kerugian yang dirasakan rakyat Pribumi; (b) efek psikis adalah gangguan psikis dari orang-orang terjajah dan hal demikian masih berlanjut hingga saat ini. (2) kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMA yang terdapat pada kompetensi dasar kelas XI semester 1 yaitu: menganalisis unsur-unsur intrinsik (penokohan dan amanat) dan ekstrinsik ( nilai pendidikan moral, sosial, religius, dan lain-lain)novel Indonesia/terjemahan. Adapun SK yang digunakan yaitu Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/ novel terjemahan dengan KD yaitu Menganalisis unsur- unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ novel terjemahan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Postkolonialisme, Novel, dan Pembelajaran Sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:34
Last Modified: 25 Jul 2018 06:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6628

Actions (login required)

View Item View Item