PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (DUA TINGGAL DUA TAMU) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 7 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2014/2015

SALMANIATI, SALMANIATI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (DUA TINGGAL DUA TAMU) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 7 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SALMANIATI (E1E011063).pdf

Download (506kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 7 Cakranegara yang disebabkan oleh rendahnya perhatian siswa pada saat proses pembelajaran, rendahnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran, sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 7 Cakranegara dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (Dua Tinggal Dua Tamu). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 39 orang siswa. Data hasil belajar siswa dikumpulkanmelalui tes evaluasi yang diberikan pada setiap akhir siklus, sedangkan untuk aktivitas guru dan siswa diambil melalui lembar observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dikatakan meningkat jika ≥ 85% siswa mendapat nilai ≥ 75, skor aktivitas guru dan siswa minimal berkategori “Baik” dan “Aktif”. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil belajar tersebut terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siklus I sebesar 73,2 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 69,2% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 81,4 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 87,1%. Sedangkan kualitas proses pelaksanaan pembelajaran yaitu untuk aktivitas mengajar guru pada siklus I memperoleh skor 48 dengan kategori cukup baik dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan memperoleh skor 58 dengankategori baik. Demikian juga pada aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor 45 dengankategori cukup aktif dan pada siklus II meningkat dengan memperoleh skor 57 dengan kategori aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (Dua Tinggal Dua Tamu) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 7 Cakranegara tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Two Stay Two Stray (Dua Tinggal Dua Tamu), Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:34
Last Modified: 25 Jul 2018 06:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6633

Actions (login required)

View Item View Item