PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN GENERIK SAINS PADA MATERI GERAK LURUS

HUSNEN, HUSNEN (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN GENERIK SAINS PADA MATERI GERAK LURUS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img] Text
ARTIKEL JADI.docx

Download (62kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (132kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (132kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (560kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB VI.docx

Download (21kB)
[img] Text
CAVER ACC.docx
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep siswa. (2) Mengetahui pengaruh kemampuan generik sains terhadap penguasaan konsep siswa pada materi gerak lurus .(3) Mengetahui interaksi antara metode pembelajaran yang digunakan dengan kemampuan generik sains terhadap penguasaan konsep siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain faktorial 2 x 2. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis covarians (ANACOVA) dengan bantuan program SPSS 20,0 for windows. Hasil analisis data pada taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa: (1) nilai signifikan penggunaan model pembelajaran terhadap penguasaan konsep siswa sebesar 0,002 (< 0,05); (2) nilai signifikan kemampuan generik sains terhadap penguasaan konsep siswa sebesar 0,002 (< 0,05); (3) nilai signifikan interaksi penggunaan metode pembelajaran terhadap penguasaan konsep siswa ditinjau dari kemampuan generik sains siswa (tinggi dan rendah) sebesar 0,017 (< 0,05). Kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran fisika materi gerak lurus; (2) terdapat pengaruh penguasaan konsep antara siswa yang memiliki kemampuan generik sains tinggi dan kemampuan generik sains rendah pada pembelajaran fisika materi gerak lurus.; (3) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran yang digunakan baik ( kooperatif tipe STAD MMI dan kooperatif tipe STAD non MMI ) terhadap penguasaan konsep siswa ditinjau dari kemampuan generik sains siswa (tinggi dan rendah)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran kooperatif tipe STAD, multimedia interaktif, kemampuan generik sains, penguasaan konsep siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:27
Last Modified: 25 Jul 2018 02:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6655

Actions (login required)

View Item View Item