HASTUTI, WINDA (2016) PENGARUH PEMBERIAN REINFORCEMENT DAN PARTISIPASI ANAK DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PERILAKU DISIPLIN ANAK KELAS B PAUD MUTIARA KASIH MASBAGIK UTARA KECAMATAN MASBAGIK LOMBOK TIMUR TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
BAB I-V.pdf Restricted to Repository staff only Download (712kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif pemberian reinforcement dan partisipasi anak dalam pembelajaran terhadap perilaku disiplin anak kelas B PAUD Mutiara Kasih Masbagik Utara, kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur Tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan metode penelitian Expost-Facto. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis pertama diperoleh nilai r= 0,61 Dengan taraf signifikansi 5% dan N=30 maka r tabel= 0,374. rhitung lebih besar dari rtabel (0,61>0,374), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi ada pengaruh positif pemberian reinforcement terhadap perilaku disiplin anak. Hasil determinasi menunjukkan 37,21 % perilaku disiplin anak kelas B PAUD Mutiara Kasih dipengaruhi oleh pemberian reinforcement. Hipotesis kedua hasil penelitian menunjukkan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,6025≥0,374), sehingga ada pengaruh positif partisipasi anak dalam pembelajaran terhadap perilaku disiplin anak serta 36,3% perilaku disiplin dipengaruhi oleh partisipasi anak dalam pembelajaran. Hipotesis ketiga, hasil peneltian menunjukkan Fhitung = 8,11228. Dengan dk pembilang = 2 dan dk penyebut =27 dan taraf signifikansi 5%, harga Ftabel ditemukan 3,35. Ternyata harga Fhitung lebih besar dari Ftabel( 8,11228≥ 3,35). Karena Fh>Ft maka Ho ditolak Ha diterima, artinya ada pengaruh positif pemberian reinforcement dan partisipasi anak dalam pembelajaran secara bersama-sama terhadap perilaku disiplin anak Kelas B PAUD Mutiara Kasih Masbagik Utara Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur Tahun Ajaran 2016/2017. Dari hasil penelitian diharapkan guru dapat memberikan penguatan (reinforcement) yang tepat dan dibutuhkan oleh siswa sehingga perilaku yang diharapkan guru dapat terealisasi. Kemudian dalam pembelajaran hendaknya guru menerapkan pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan karakter anak usia, sehingga anak lebih aktif berpartispasi dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Disiplin, partisipasi, reinforcement. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 25 Jul 2018 02:26 |
Last Modified: | 25 Jul 2018 02:26 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6685 |
Actions (login required)
View Item |