AKRAMI, ZA’IDATUL UYUN (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IZZUL ISLAM MARAQITTA’LIMAT WANASABA KECAMATAN WANASABA LOMBOK TIMUR TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum berkembangnya karakter peduli lingkungan pada anak usia 5-6 tahun di TK Izzul Islam Maraqitta’limat Wanasaba. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio-visual dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan pada anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian menggunakan desain penelitian pre-eksperimen berbentuk one group pre-test post-test design. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa pengunaan media audio-visual video saat kegiatan inti pembelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan observasi untuk mengumpulkan data tentang karakter peduli lingkungan dan proses pembelajaran menggunakan media audio-visual. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi yang digunakan saat pre-test dan post-test. Populasi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak berusia 5-6 tahun di TK Izzul Islam Maraqitta’limat Wanasaba yang berjumlah 25 anak. Teknik analisis data menggunakan uji t antara data pre-test dan data post-test dengan α = 5%. Sebelum perlakuan didapatkan nilai rata-rata pre-test 56,96 dan setelah perlakuan didapatkan peningkatan nilai rata-rata post-test menjadi 71,208. Hasil uji t menunjukkan thitung = 4,027 lebih besar dari ttabel = 2,013 (thitung > ttabel) sehingga . Hal ini menunjukkan adanya perbedaan karakter peduli lingkungan sebelum dan setelah penggunaan media audio-visual. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan media audio-visual dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan pada anak usia 5-6 tahun di TK Izzul Islam Maraqitta’limat Wanasaba Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur Tahun Ajaran 2016/2017 sehingga media audio-visual dapat dijadikan sebagai media alternatif dalam mengembangan karakter peduli lingkungan pada anak usia 5-6 tahun.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Media Audio-Visual, Peduli Lingkungan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 25 Jul 2018 02:26 |
Last Modified: | 25 Jul 2018 02:26 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6686 |
Actions (login required)
View Item |