MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA WANITA SAKRA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

SUKMAWARNI, BQ. MARTYANA (2016) MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA WANITA SAKRA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BQ MARTYANA SUKMAWARNI E1F112009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan motorik kasar anak yang belum berkembang dan kegitan permainan tradisional engklek tidak pernah diterapkan pada pembelajaran di TK Dharma Wanita Sakra. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan permainan tradisional engklek yang tepat untuk mengembangkan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Sakra tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penilitian dapat diketahui bahwa motorik kasar anak pada pengembangan I memperoleh hasil dengan kriteria cukup dengan persentase 54,3%. Pada pengembangan II mengalami peningkatan yaitu 16.03% dari pada pengembangan I sehingga persentase meningkat menjadi 70.33% dan pada pengembangan III mengalami peningkatan 28.03% dari pengembangan II sehingga persentase motorik kasar anak meningkat menjadi 82.39%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motorik kasar anak usia 4-5 tahun dapat berkembang melalui permainan tradisional engklek di TK Dharma Wanita Sakra.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Motorik kasar, permainan tradisional engklek
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:25
Last Modified: 25 Jul 2018 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6687

Actions (login required)

View Item View Item