PENERAPAN PERMAINAN KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN KELOMPOK A TK AL – MU’AWANAH AIKMEL UTARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MUHABBAH, FITRIATUL (2016) PENERAPAN PERMAINAN KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN KELOMPOK A TK AL – MU’AWANAH AIKMEL UTARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FITRIATUL MUHABBAH E1F113018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan membilang anak kelompok A TK Al-Mu’awanah Aikmel Utara dan peneliti menerapkan permainan kartu angka untuk mengatasi hal tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana tingkat perkembangan kemampuan penerapan permainan kartu angka pada kelas A di TK Al-Mu’awanah Aikmel Utara Tahun pelajaran 2016/2017 dan bagaimana tingkat perkembangan kemampuan mengenal bilangan pada kelas A di TK Al-Mu’awanah Aikmel Utara Tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat perkembangan kemampuan penerapan permainan kartu angka pada kelas A di TK Al-Mu’awanah Aikmel Utara Tahun pelajaran 2016/2017 dan Untuk mengetahui bagaimana tingkat perkembangan kemampuan mengenal bilangan pada kelas A di TK Al-Mu’awanah Aikmel Utara Tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 20 orang. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini proses pembelajaran dilakukan dalam 3 tahap. Hasil penelitian awal kemampuan membilang anak memperoleh hasil dengan kriteria kurang dengan persentase 59.16%. Pada pelaksanaan observasi mengalami peningkatan yaitu 11.55% dari observasi awal sehingga persentase meningkat menjadi 70.72%. dan setelah dilakukan observasi akhir dengan judul mengalami peningkatan 12.58% dari pelaksanaan observasi sehingga persentase kemampuan mengenal bilangan anak meningkat menjadi 83.29%, termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal bilangan anak dapat berkembang melalui permainan kartu angka yang dilakukan dengan penelitian observasi di kelas A di TK Al-Mu’awanah Aikmel Utara Tahun Pelajaran 2016 / 2017 dengan memperoleh persentase nilai akhir mencapai 83.29%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Permainan kartu angka, kemampuan mengenal bilangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:25
Last Modified: 25 Jul 2018 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6688

Actions (login required)

View Item View Item