PENGARUH PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK KELOMPOK A DI PAUD ISLAM TERPADU ABATA CHILDREN CENTER TAHUN AJARAN 2016/2017

KARERA, PANTI (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK KELOMPOK A DI PAUD ISLAM TERPADU ABATA CHILDREN CENTER TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PANTI KARERA E1F012034.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kepercayaan diri anak kelompok A di PAUD Islam Terpadu Abata Children Center. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bercerita dalam pembelajaran terhadap kepercayaan diri anak. Menggunakan metode kuantitatif komparatif dengan desain one group pretest-posttest design, yaitu penggunaan pretest sebelum diberi perlakuan dan pegukuran kepercayaan diri pada posttest (setelah perlakuan). Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok TK A3 yang berjumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji beda t test dengan α = 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penerapan metode bercerita dalam pembelajaran terhadap kepercayaan diri anak. Hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 25,79 > 2,048, HO ditolak pada taraf signifikansi 5% sehingga . Artinya terdapat perbedaan kepercayaan diri anak antara sebelum dan sesudah penerapan metode bercerita dalam pembelajaran. Nilai rata-rata kepercayaan diri anak setelah eksperimen=83,53, lebih tinggi dibandingkan sebelum eksperimen=44,8. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode bercerita dalam pembelajaran berpengaruh positif terhadap kepercayaan diri anak kelompok A di PAUD Islam Terpadu Abata Children Center Tahun Ajaran 2016/2017. Direkomendasikan kepada guru untuk menerapkan metode bercerita dalam pembelajaran untuk meningkatkan kepercayaan diri anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kepercayaan Diri, Metode Bercerita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:25
Last Modified: 25 Jul 2018 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6691

Actions (login required)

View Item View Item