PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI RAUDATUL ATHPHAL (RA) BINA CITRA INSANI GERUNG TAHUN PELAJARAN 2014-2015

SHARMAIYAH, SHARMAIYAH (2016) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI RAUDATUL ATHPHAL (RA) BINA CITRA INSANI GERUNG TAHUN PELAJARAN 2014-2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SHARMAIYAH E1F112087.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun dapat dikembangkan melalui berbagai macam kegiatan permainan yang menarik sehingga anak dapat menerima pembelajaran dengan senang dan nyaman. Salah satu permainan yang dapat membantu untuk mengembangkan sosial anak adalah kegiatan bermain peran. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan bermain peran yang tepat untuk mengembangkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun. Yang bertujuan untuk mengetahui penerapan bermain peran yang tepat sehingga dapat mengembangkan kemampuan sosial anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan dalam tiga tahap. Subyek penelitian adalah 10 orang anak pada kelompok B dengan usia 5-6 tahun. Data penelitian tentang perkembangan kemampuan sosial anak dikumpulkan dengan metode observasi dan instrumen berupa lembar format observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada setiap perkembangan kemampuan sosial anak melalui kegiatan bermain peran memperoleh nilai rata- rata sebesar 53,07% pada tahap pengembangan I yang berada pada kriteria belumberkembang, kemudian pada tahap pengembangan II mengalami peningkatan yang cukup baik menjadi 66,11% pada kriteria mulai berkembang dan pada tahap pengembangan III ternyata mengalami peningkatan menjadi 80,26% pada kriteria sudah berkembang.Berdasarkan hasil analisis data tersebut disimpulkan bahwa pengembangan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun dapat dikembangkan melalui bermain peran. Melihat perkembangan tersebut, diharapkan kepada para pendidik dan orang tua agar selalu memberikan motivasi dan mengarahkan anak kepada kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, sehingga kemampuan yang ada dalam diri anak usia dini dapat berkembang optimal

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Sosial, Bermain Peran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:25
Last Modified: 25 Jul 2018 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6695

Actions (login required)

View Item View Item