PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL PADA ANAK KELOMPOK A DI TK SENTOSA MOTENG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

HASANAH, MARIATUN (2016) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL PADA ANAK KELOMPOK A DI TK SENTOSA MOTENG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MARIATUN HASANAHE1F113033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di TK Sentosa Moteng, ditemukan kurangnya kemampuan sosial anak. Ada 2 anak yang masih ditunggui orangtuanya, beberapa anak masih merajuk dan merengek, anak laki-laki sering menggangu dan membuat temannya marah, anak tidak sabar menunggu giliran ketika melakukan kegiatan, anak kurang kerjasama ketika bermain dan melakukan kegiatan secara berkelompok. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Bagaimana meningkatkan kemampuan sosial anak melalui penerapan metode bermain peran di Kelompok A TK Sentosa Moteng Tahun Pelajaran 2016/2017?” Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan sosial anak melalui penerapan metode bermain peran di Kelompok A TK Sentosa Moteng Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 14 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa bermain peran untuk meningkatkan kemampuan sosial pada anak kelompok A di TK Sentosa Moteng pada siklus II diperoleh hasil analisis data yang menunjukan tingkat perkembangan yang sangat baik karena kemampuan sosial anak terus meningkat sesuai dengan tahap perkembangan sebagai berikut: hasil peneltian siklus I kemampuan sosial termasuk dalam kategori baik dengan persentase 72,48%. Pada siklus II, kegiatan pembelajaran sudah dilaksanakan dengan sangat baik dimana semua indikator sudah terlaksana sesuai dengan rencana pembelajaran yang sudah di susun, kemampuan sosial anak sudah meningkat pada semua descriptor dengan persentase 85,56%. Dengan demikian dapat disimpulkan apabila kegiatan bermain peran dilakukan dengan benar dan optimal maka dapat meningkatkan kemampuan sosial anak kelompok A TK Sentosa Moteng Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan perolehan peningkatan persentase rata-rata sebesar 13,08%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Bermain Peran, Kemampuan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:25
Last Modified: 25 Jul 2018 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6699

Actions (login required)

View Item View Item