MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENERAPKAN KARTU HURUF DALAM PEMBELAJARAN METODE TANYA JAWAB PADA ANAK KELOMPOK B1 RA NW PENEGUK TAHUN PELAJARAN 2016-2017

ROSDIANA, DWI (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENERAPKAN KARTU HURUF DALAM PEMBELAJARAN METODE TANYA JAWAB PADA ANAK KELOMPOK B1 RA NW PENEGUK TAHUN PELAJARAN 2016-2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
DWI ROSDIANA e1f012007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menerapkan kartu huruf dalam pembelajaran metode tanya jawab pada anak kelompok B1 RA NW Peneguk pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2016-2017. Hal ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan anak dalam membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif model dari Kemmis dan Taggart yang dilakukan dalam tiga siklus. Subjek penelitian yakni 14 anak kelompok B1 yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 4 anak laki laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan melalui deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika persentase masing-masing indikator kemampuan membaca permulaan pada anak telah mencapai 75% dengan kriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Pada kondisi pra tindakan rata rata ketercapaiannya sebesar 46,69 % dan mengalami peningkatan sebesar 17.16 % menjadi 63,85% pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 8,61% sehingga pada siklus II mencapai hasil 72,46 % dan mengalami peningkatan sebesar 8.46 menjadi 80,92 pada siklus III. Diharapkan, kartu huruf ini dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran membaca permulaan dan disarankan jenis huruf yang digunakan sebaiknya menggunakan huruf kecil, karena huruf kecil banyak digunakan dalam teks bacaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Membaca Permulaan, Kartu Huruf, Metode Tanya Jawab.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:24
Last Modified: 25 Jul 2018 02:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6707

Actions (login required)

View Item View Item