IMPELENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMPN 22 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015

EWIK JINIARTI, BAIQ (2017) IMPELENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMPN 22 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI BQ.EWIK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa melalui implementasi model Problem Based Learning berbantuan alat peraga di kelas VIIIA SMPN 22 Mataram. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil karena diperoleh skor rata-rata aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II berada pada kriteria cukup aktif menjadi sangat aktif dengan skor rata-rata 16,875 menjadi 22,75. Hasil belajar siswa ranah kognitif dengan nilai rata-rata kelas siklus I sebesar 74,13 dengan ketuntasan klasikal 73,91 % mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas pada siklus II sebesar 79,35 dengan ketuntasan klasikal 86,96%. Hasil belajar siswa ranah afektif dari siklus I ke siklus II dengan nilai rata-rata dari 66,195 menjadi 78,95 berada pada kriteria cukup baik menjadi baik. Hasil belajar siswa ranah psikomotor dari siklus I ke siklus II dengan nilai rata-rata dari 71,63 menjadi 85,655 berada pada kriteria cukup terampil menjadi terampil. Dengan demikian, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan alat peraga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas VIIIA SMPN 22 Mataram tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Problem Based Learning, Alat Peraga, Aktivitas dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:30
Last Modified: 25 Jul 2018 06:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6743

Actions (login required)

View Item View Item