Manfaat catatan atau ringkasan materi dalam meningkatkan motivasi pencapaian prestasi belajar siswa kelas V SDN 2 Pelangan pada Tahun Pelajaran 2010/2011

Yanti, Puji Arya (2010) Manfaat catatan atau ringkasan materi dalam meningkatkan motivasi pencapaian prestasi belajar siswa kelas V SDN 2 Pelangan pada Tahun Pelajaran 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
revisi sridana.doc
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)

Abstract

Pendidikan hakekatnya adalah usaha meningkatkan mutu sumber daya manusia. Peningkatan mutu pendidikan dilaksanakan melalui pembelajaran yang berkualitas. Salah satu faktor yang menunjang kualitas belajar adalah catatan atau ringkasan materi pelajaran yang disusun oleh siswa yang berfungsi sebagai alat bantu memori atau rekam materi yang telah dipelajarinya. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa sangat sedikit siswa kelas V di SDN 2 Pelangan yang mampu menyusun catatan atau ringkasan materi yang baik. Rendahnya mutu catatan siswa berpengaruh terhadap rendahnya prestasi belajar siswa. Peningkatan mutu catatan atau ringkasan materi siswa diperoleh melalui sebuah kajian pelatihan khusus mengenai cara dan manfaat membuat catatan materi yang baik. Sehingga akan meningkatkan motivasi terhadap pencapaian prestasi belajar siswa kelas V SDN 2 Pelangan tahun pelajaran 2010/2011.Penerapan latihan dan memberi kesempatan kepada siswa untuk menyusun dan membuat catatan atau ringkasan materi pelajaran dengan baik, aktivitas siswa akan meningkat, kreativitas dan daya ingat terhadap informasi yang diperoleh setiap kali tatap muka akan bertambah. Peningkatan aktivitas dan motivasi yang terbangun dari proses belajar yang cukup menarik dan hasil catatan siswa yang lengkap teratur akan mampu meningkatkan pencapaian prestasi belajar siswa.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Data aktivitas guru dan siswa dikumpulkan dengan menerapkan pedoman observasi, sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh dengan menerapkan tes buatan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas siswa mengalami peningkataan pada setiap siklusnya yaitu pada siklus I, II, dan III adalah 3,17 ; 3,58 dan 4,00 dengan kategori cukup aktif ; aktif ; dan sangat aktif. Demikian juga dengan nilai catatan dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya yaitu pada siklus I, II dan III sebagai berikut nilai catatan atau ringkasan 65,83 ; 79,03 dan 85,20. Nilai sebelum diadakan perbaikan mutu catatan siswa kelas V sebesar 62,5 setelah diadakan perbaikan mutu catatan, nilai prestasi siswa mengalami peningkatan dengan perolehan sebagai berikut 67,09 ; 84,09 dan 86,43. Ketuntasan belajar sebelum dilakukan perbaikan dalam mutu catatan 62,5%. Setelah dilakukan perbaikan ketuntasan belajar meningkat dari siklus I ; siklus II dan siklus III sebesar 66% ; 82,86% ; 94,29%. Analisis uji hipotesis menggunakan uji Z dengan hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan peningkatan yang signifikan antara penyusunan catatan atau ringkasan materi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas V SDN 2 Pelangan tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Menyusun, meringkas , cerdas dan terampil.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:31
Last Modified: 25 Jul 2018 06:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6759

Actions (login required)

View Item View Item