PENGGUNAAN ALAT PERAGA ABAKUS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SDN 48 AMPENAN TAHUN AJARAN 2009/2010

MULIASIH, EKA SRI (2010) PENGGUNAAN ALAT PERAGA ABAKUS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SDN 48 AMPENAN TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Bab I-V.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Dari hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas 1 di SDN 48 Ampenan diketahui bahwa dalam pelajaran matematika, prestasi belajar siswa cukup rendah dibandingkan dengan pelajaran yang lain, hal ini di sebabkan masih diterapkannya sistem pembelajaran konvensional. Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang bersifat abstrak. Sehingga dirasakan sulit bagi siswa yang berada pada tingkat sekolah dasar maka proses belajar mengajar perlu diperbaiki. Berkenaan dengan hal tersebut, maka salah satu cara untuk meningkatakan prestasi belajar siswa adalah dengan menggunakan alat peraga, diantaranya alat peraga yang dapat digunakan untuk mengajarkan operasi hitung dan bilangan adalah dengan menggunakan alat peraga abakus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan melalui 4 tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 48 Ampenan tahun ajaran 2009/2010. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila rata-rata prestasi belajar meningkat secara signifikan dan ketuntasan belajar klasikal tercapai, yaitu ≥ 85% memperoleh nilai ≥ 65. Berdasarkan hasil evaluasi siklus I dan siklus II, diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa berturut-turut 12,14 ; 17,495; yang memilki katagori aktif dan sangat aktif. Sedangkan rata-rata skor hasil evaluasi siswa, pada siklus I dan II masing-masing sebesar ; 72,9 dan 80 sehingga dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan secara signifikan. Ketuntasan belajar secara klasikal berturut-turut dari siklus I dan II adalah 79,16% dan 87,50%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga abakus dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas 1 SDN 48 Ampenan materi pokok operasi hitung dan bilangan TA 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Alat peraga abakus, meningkatkan prestasi, matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:30
Last Modified: 25 Jul 2018 06:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6772

Actions (login required)

View Item View Item