IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SISTEM AMONG UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN 47 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

AMINAH, SITI (2010) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SISTEM AMONG UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN 47 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-IV.doc
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)

Abstract

Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SDN 47 Cakranegara tergolong masih rendah yaitu 40,6. Hal tersebut diantaranya disebabkan oleh pembelajaran hanya disampaikan melalui ceramah sehingga akan sulit diterima oleh siswa, dan peserta didik menjadi pasif. Akibatnya peserta didik cenderung menghafal contoh-contoh yang diberikan tanpa terjadi pembentukan konsep. Masalah yang dikaji pada penelitian ini adalah:“bagaimana implementasi model pembelajaran sistem among yang optimal untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran matemátika siswa kelas V di SDN 47 Cakranegara tahun pelajaran 2009/2010. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi model pembelajaran sistem among yamg optimal untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 29 orang. Data aktivitas guru dan peserta didik diperoleh melalui lembar observasi. Sedang data prestasi belajar peserta didik diproleh melalui tes essay yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Data aktivitas guru dan peserta didik dianalisis secara deskriftip kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ádalah apabila langkah-langkah pembelajaran sistem among telah dilaksanakan oleh guru secara optimal dan secara kuantitatif 100% pelaksanaan tercapai sedang prestasi belajar dikatakan meningkat apabila 85% peserta didik secara klasikal memperoleh skor minimal 60 (KKM 60). Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 75,8 dengan ketuntasan belajar 87% dari 29 peserta didik. Peningkatan prestasi ini dikarenakan penyajian konsep menggunakan bangun-bangun geometri sehingga peserta didik lebih mudah memahaminya, siklus II nilai rata-rata 67,8 dengan ketuntasan belajar 83%, dari 28 peserta didik, penurunan prestasi dikarenakan materi mulai ke tahap yang lebih sulit sehingga membutuhkan ketelitian, kecermatan dalam berhitung dan lebih banyak berlatih dan siklus III nilai rata-rata 77,2 dengan ketuntasan belajar 94%, dari 29 peserta didik Sehingga dapat disarankan dalam menyajikan materi ini menggunakan bangun-bangun geometri, selalu memberikan rangsangan dan memotivasi peserta didik, serta menekankan untuk selalu bekerjasama dan saling membantu baik dalam belajar ataupun menyelesaikan tugas. Dengan memperhatikan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran sistem among secara optimal dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran matemtika siswa kelas V di SDN 47 Cakranegara tahun pelajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sistem among; Prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:30
Last Modified: 25 Jul 2018 06:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6776

Actions (login required)

View Item View Item