MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN UNSUR INTRINSIK DALAM CERPEN MELALUI PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS V SDN 1 MARONG TAHUN AJARAN 2009/2010

MULGANI, LALU ERLAN (2010) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN UNSUR INTRINSIK DALAM CERPEN MELALUI PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS V SDN 1 MARONG TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RUBRIK PENILAIA1 SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)

Abstract

Penelitian ini di dasari oleh suatu fenomena masih rendahnya pemahaman siswa tentang mangidentifikasi unsur cerita pada siswa kelas V SDN 1 Marong sehingga permasalahan tersebut perlu mendapat perhatian. Mencermati kenyataan di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang nyata tentang rendahnya pemahaman siswa dalam mengidentifikasi unsur cerita dan bagaimana tingkat kemampuan siswa setelah dalam pembelajaran diterapkan metode diskusi kelompok. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan tes dan hasil pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi melalui dua siklus. Setiap siklus dilakukan dua kali uji coba dengan memberikan dua kelompok tes. Data yang diperoleh dari proses pembelajaran dan observasi berupa data kualitatif sedangkan data hasil evaluasi berupa data kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini menyimpulkan bahwa setelah peneliti memberikan pembelajaran pada pada siklus I dengan penggunaan metode diskusi kelompok maka diperoleh nilai rata-rata (IPK)=61,82 masuk dengan kategori normal dengan prosentase ketuntasan 50%, sedangkan hasil observasi dengan total skor 62 dan rata-rata 2,95 ini menunjukkan siswa tergolong cukup aktif. Sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata (IPK)=80 masuk dengan kategori tinggi dengan prosentase ketuntasan 95,45%, dimana hasil observasi dengan jumlah total skor 71 dan rata-rata 3,38 hal ini menunjukkan siswa aktif. Berdasarkan hasil penganalisisan data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan kemampuan menemukan unsur intrinsik dalam cerpen pada siswa kelas V SDN 1 Marong Tahun Ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Unsur Intrinsik, Diskusi Kelompok.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:30
Last Modified: 25 Jul 2018 06:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6779

Actions (login required)

View Item View Item