MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN METODE INQUIRI SISWA KELAS II SDN 11 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

WAHYUNI, PENI DWI (2010) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN METODE INQUIRI SISWA KELAS II SDN 11 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 1,2,3,4,5.doc
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan menulis siswa khususnya menulis deskripsi siswa kelas II SDN 11 Cakranegara tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan observasi awal diperoleh informasi bahwa hasil menulis deskripsi siswa kelas II dalam menulis masih sangat rendah. Hasil belajar menulis deskripsi siswa belum seluruhnya tuntas, dimana 32,35 % atau 11 siswa dari 34 siswa tidak tuntas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu menulis deskripsi. Berdasarkan masalah tersebut maka peneliti memilih menggunakan metode inquiri dengan materi tumbuhan atau binatang untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas II di SDN 11 Cakranegara Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Hail penelitian menunjukkan hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I belum mencapai hasil yang maksimal karena guru pada siklus I masih menggunakan gambar untuk mendeskripsikan tumbuhan dan binatang. Pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa karena pada siklus II ini guru menggunakan metode inquiri untuk mendeskripsikan tumbuhan dan binatang yang mereka akan amati. Dengan metode inquiri siswa terlihat lebih aktif dalam belajar. Dengan meningkatnya aktivitas guru dan siswa maka hasil menulis deskripsi siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata – rata yang diperoleh siswa adalah 7,9 dengan persentase ketuntasan 67,66 %, sedangkan pada siklus II nilai rata – rata yang diperoleh adalah 8,68 dengan persentase ketuntasan 91,22 %. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis deskripsi dengan metode inquiri dari siklus I ke siklus II sebesar 21,94 % pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II SDN 11 Cakranegara tahun pelajaran 2009/2010 dengan ketuntasan klasikal sebesar 91,22 %.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Menulis deskripsi, metode inquiri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:29
Last Modified: 25 Jul 2018 06:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6780

Actions (login required)

View Item View Item