MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI METODE GUIDED NOTE TAKING MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III SDN 3 SANDUBAYA KECAMATAN SELONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

HUSNI, MUHAMMAD (2010) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI METODE GUIDED NOTE TAKING MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III SDN 3 SANDUBAYA KECAMATAN SELONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRISI OKE.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh guru di SDN 3 Sandubaya Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan minat tulis siswa yang berdampak pada rendahnya nilai siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya Kompetensi Dasar menulis. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas III SDN 3 Sandubaya dalam bentuk peningkatan hasil belajar. Untuk menjawab permasalahan tersebut, Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan Metode Guided Note Taking yang dilakukan selama 2 siklus dan melibatkan kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas sebagai observer. Pengumpulan data terhadap hasil tindakan menggunakan instrumen lembar observasi dan lembar penilaian yang disusun peneliti. Kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan Metode Guided Note Taking pada siswa kelas III SDN 3 Sandubaya pada siklus I mendapatkan hasil 3,72 (sangat baik) dan pada siklus II 3,91 (sangat baik), ini menandakan guru sudah sangat baik dalam perencanaan proses pembelajaran. Sedangkan untuk hasil pelaksanaan tindakan pada siklus I guru mendapatkan nilai 3,40 (baik), dan pada siklus II mendapatkan nilai 3,96 (sangat baik), ini menandakan adanya peningkatan kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan untuk hasil belajar siswa dalam menulis puisi pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 61,96 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 69,84. Siswa yang mendapat nilai standar minimal keatas sebanyak 21 orang siswa dari 33 orang siswa yang ikut tes, kemudian pada siklus II yaitu 33 orang siswa dari 33 orang siswa yang ikut tes, ini menandakan adanya peningkatan jumlah siswa yang telah memenuhi nilai Standar Ketuntasan Minimal yaitu sebanyak 12 orang siswa. Persentase siswa yang mendapat nilai Standar Ketuntasan Minimal pada siklus I yaitu 63,63%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 100%, ini menandakan peningkatannya sebesar 36,37%. Berarti pencapaian yang diperoleh sudah melebihi standar yang ditargetkan peneliti yaitu ≥75%. Dari hasil peningkatan pada siklus I ke siklus II, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Metode Guided Note Taking dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN 3 Sandubaya Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur, sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keterampilan Menulis Puisi, Metode Guided Note Taking, Meningkatkan, dan Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:29
Last Modified: 25 Jul 2018 06:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6786

Actions (login required)

View Item View Item