PEMANFAATAN GAMBAR DAN TORSO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN INDRA PADA SISWA KELAS IV SDN 3 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

LS, NURWANA JUITA (2010) PEMANFAATAN GAMBAR DAN TORSO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN INDRA PADA SISWA KELAS IV SDN 3 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)

Abstract

Nurwana Juita Ls. (NIM. EIE006233), 2010. Pemanfaatan Gambar dan Torso untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Indra pada Siswa Kelas IV SDN 3 Wanasaba Tahun Pelajaran 2009/2010. Oleh Pembimbing I: Dr. rer. nat. Kosim, M. Si, Pembimbing II: Drs. H. Ratnadi, S. Pd. Gambar dan torso sebagai media pembelajaran dalam pendidikan akan menimbulkan komunikasi dua arah antara guru dan siswa, sehingga proses pembelajaran dan hasil belajar optimal. Guru masih belum memanfaatkan media pembelajaran dengan baik sehingga masih rendahnya hasil belajar siswa. Dengan pemanfaatan gambar dan torso dapat menunjang cara berpikir siswa dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan guru dan apa yang ditampilkan oleh guru tentunya dapat menimbulkan pertanyaan pada benak siswa tentang sesuatu yang siswa lihat, dalam hal ini adalah keterampilan bertanya. Bagi siswa kegiatan bertanya merupakan bagian yang penting dalam memecahkan masalah. Pertanyaan yang ditimbulkan merupakan salah satu faktor bahwa siswa telah berperan aktif dalam melakukan proses belajar dan faktor pendukung tingginya cara berfikir siswa terhadap sesuatu yang disampaikan guru sehingga sangat menunjang pemahaman serta hasil belajar yang akan dicapai siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan bertanya melalui pemanfaatan gambar dan torso mata pelajaran IPA pokok bahasan indra pada siswa kelas IV SDN 3 Wanasaba tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan sesuai dengan skenario pembelajaran yang telah dibuat dan dibagi menjadi empat tahap kegiatan yaitu : (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan tindakan, (3) Tahap observasi dan evaluasi, (4) tahap refleksi. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 3 Maret sampai 20 Maret 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan bertanya mata pelajaran IPA pokok bahasan indra pada siswa kelas IV SDN 3 Wanasaba mengalami peningkatan dan hasil evaluasi pada tiap siklus. Pada siklus I persentase keterampilan bertanya siswa mencapai 33,33% dan ketuntasan 86,67% dan pada siklus II persentase keterampilan bertanya mengalami peningkatan 50,00% dan persentase ketuntasan 90,00%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan gambar dan torso dapat meningkatkan keterampilan bertanya mata pelajaran IPA pokok bahasan indra pada siswa kelas IV SDN 3 Wanasaba tahun pelajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Gambar, torso, bertanya.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:25
Last Modified: 25 Jul 2018 06:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6795

Actions (login required)

View Item View Item